Pengertian STAFF Penerbangan, Tugas dan Gajinya

Pengertian STAFF Penerbangan, Tugas dan Gajinya

Dunia penerbangan memiliki beragam kategori profesi. Yang paling umum adalah pilot dan pramugari, tetapi ada pula AVSEC dan staff penerbangan. Anda pasti bertanya apakah Pengertian STAFF Penerbangan Tugas dan Gajinya. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan berikut ini:

Mengenal Staff Penerbangan

1. Pengertian

Pilot dan pramugari merupakan petugas yang bertanggung jawab saat pesawat berada di udara. Sebaliknya, terdapat petugas khusus yang menangani penumpang sebelum dan setelah tiba di bandara.

Petugas inilah yang disebut dengan Staff penerbangan. Secara sederhana, Staff Penerbangan adalah personil atau petugas yang melayani penumpang atau passenger sebelum dan setelah penerbangan. Perlu diingat, Staff Penerbangan berbeda dengan AVSEC yang bertugas untuk menangani keamanan.

Dari pengertian tersebut, Anda pasti mudah mengenal para staff penerbangan. Mereka ada di banyak tempat seperti loket tiket, kargo, security check dan sebelum penumpang naik ke pesawat.

Mereka memiliki tanggung jawab untuk memastikan penumpang tidak memiliki permasalahan sebelum berangkat. Ketika mendarat, mereka juga telah siap menyambut dan membantu bagasi serta keperluan lain untuk penumpang.

2. Tugas dan tanggung jawab

Apa tugas dan tanggung jawab dari staff penerbangan? Tugas mereka beragam sesuai dengan alur transportasi udara yang dibutuhkan oleh penumpang. Mereka menangani tiket, bagasi, kargo, serta membantu saat loading atau unloading pesawat.

Tugas lain adalah membantu boarding, check-in, disembarking. Mereka juga menyapa penumpang dengan ramah sebelum masuk ke pesawat.

Dari tugas-tugas tersebut, Anda dapat mengerti bagaimana tanggung jawab yang harus mereka penuhi. Proses boarding, check-in, dan disembarking sangat penting. Mereka juga mengatur alur bagasi sehingga penumpang merasa nyaman dan menghindari pengaturan yang lama.

Secara umum, staff penerbangan memiliki tanggung jawab untuk memastikan penumpang terbantu dan tidak mengalami masalah sebelum dan setelah penerbangan.

3. Pendidikan

Pembahasan mengenai Pengertian STAFF Penerbangan Tugas dan Gajinya tidak akan lengkap tanpa pendidikan dan sekolah yang mampu mencetak staff terbaik.

Untuk menjadi staff penerbangan, ada pendidikan dan pelatihan khusus sehingga terbentuk skill dan pengetahuan untuk menunjang bisnis penerbangan. Sekolah yang baik akan menghasilkan staff yang handal.

Untuk menjadi Staff penerbangan, Anda tidak hanya dilatih secara teknis. Ada aspek sosial dan personal lain yang sangat penting. Seorang staff penerbangan harus ramah, menarik, dan berkepribadian baik.

Baca Juga : Kenapa Impian Menjadi STAFF Penerbangan Harus DiPerjuangkan?? Baca Disini

Mereka melakukan kontak dan hubungan langsung dengan penumpang sehingga akan menemui beragam tipe dan sifat. Untuk dapat mengerjakan tugas dengan baik, staff penerbangan harus mampu mengontrol diri dan emosi sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

Hal-hal seperti itu juga dipelajari di FAAST Penerbangan yang merupakan salah satu sekolah penerbangan terbaik di Indonesia.

4. Gaji

Salah satu alasan untuk menjadi staff penerbangan adalah gaji. Anda mungkin bertanya berapa gaji yang diterima mereka. Jumlah gaji dipengaruhi beberapa faktor diantara maskapai dan lama kerja. Staff penerbangan yang berpengalaman akan memiliki posisi yang tinggi dan bergaji lebih besar.

Estimasi gaji untuk staff penerbangan adalah sekitar 3 jutaan. Angka tersebut dapat bertambah karena belum termasuk beberapa tunjangan yang diterima sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.

Pengertian STAFF Penerbangan Tugas dan Gajinya akan membantu mereka yang memiliki keinginan menjadi staff penerbangan secara profesional.

Informasi Sekolah Penerbangan

Bagi kalian yang berminat bekerja di dunia penerbangan, seperti menjadi pramugari, pramugara, ataupun staff penerbangan tidak ada salahnya mengikuti pendidikan di sekolah penerbangan. FAAST Penerbangan merupakan salah satu sekolah penerbangan terbaik yang ada di Indonesia.

FAAST Penerbangan memiliki fasilitas yang memadai, didukung dengan instruktur yang berpengalaman dibidangnya, serta biaya pendidikan yang terjangkau membuat sekolah ini menjadi sekolah penerbangan yang wajib kalian pilih. Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi website FAAST Penerbangan.

Demikian ulasan tentang Pengertian STAFF Penerbangan, Tugas dan Gajinya. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started